Popular Posts

Monday, May 14, 2007

Menunaikan Shalat Di Awal Waktu


Ketika Imam Ali bin Abi Thalib as sedang berhadapan dengan pasukkan Muawiyah di Perang Shiffin, beliau as menerawang kelangit untuk mencari tahu, adakah waktu untuk shalat sudah tiba.

Ibnu Abbas berkata, "Wahai Imam Ali apa yang anda lakukan?" Beliau as berkata, "Aku menantikan tenggelamnya matahari unutk melaksanakan shalat."

Ibnu Abbas berkata, "Meskipun kita berada di tengah-tengah pertempuran sengit, adakah kita wajib mendirikan shalat pada awal waktu?"

Imam Ali as menjawab, "Kita berperang dengan Muawiyah karena apa? Sebabnya tiada lain karena shalat. Dan bukankah karena itu kita berperang? Sudah tentu sholat yang benar dan di terima di sisi ALLAH adalah shalat yang disertai wilayah (menerima dan mengakui kepemimpinan yang sah), bukan shalatnya Muawiyah dan Amru bin Ash."

Hikmah kisah ini adalah : Janganlah kita katakan kepada shalat, "Aku sedang sibuk," tetapi katakanlah kepada kesibukkan kita, "Waktu shalat telah tiba!" Kepada Muhammad bin Abu Bakar, Imam Ali bin Abi Thalib as berpesan, "Jagalah shalat pada awal waktu, tunaikanlah pada waktunya. Janganlah memajukkan waktu shalat karena engkau sedang menganggur. Dan jangan menundanyab karena engkau sedang sibuk"

ALLAHUmma Sholli 'ala Muhammadin Nabiyyi wa 'ala Dzurriyatihi wa 'ala Ahli Baytihi...

No comments: